Rabu, 16 Agustus 2017

Fungsi dan Cara menggunakan Pen Tool di Photoshop cs6 | UnaahaArt

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Pada postingan kedua saya ini, saya akan membahas tentang fungsi dan cara menggunakan pen tool di photoshop cs6.
Sebelumnya saya ingin meminta maaf kalau dalam postingan ini bahasanya kurang di pahami, karna saya menggunakan istilah saya sendiri 😆

Keterangan:
  1. Titik Pen tool
  2. Garis Pen tool
  3. Arah Pen tool
  4. Titik Arah Pen tool
Oke langsung saja, cikidut 😉

Fungsi dan cara menggunakan pen tool
Berdasarkan fungsinya pen tool terbagi menjadi 5 yaitu:

  1. Pen tool = merupakan pen tool inti, disini saya menyebutnya sebagai induk pen tool 😅, karna pentool ini yg menghasilkan titik pen tool.
    Lingkaran merah pada gambar diatas merupakan titik pen tool. Cara penggunaannya: Jika bidang objek itu berbentuk lurus, maka langsung klik pada ujung bidang yang lurus tersebut menggunakan pen tool. Bisa dilihat pada gambar di atas yg berbentuk lurus (titik pertama dan titik kedua dari kiri). Dan jika bidang objek itu berbentuk lengkungan, maka caranya klik tahan pada ujung lengkungan petama lalu geser sehingga garis pen tool mengikuti arah lengkungan, begitupun lengkungan kedua. Titik pen tool yg sudah dibuat bisa juga di geser dgn cara tekan ctrl tahan+klik pada titik pen tool lalu geser sesuai keinginan
  2. Freeform pen tool = membuat garis seleksi dengan cara seperti menggunakan brush. Pen tool ini jarang atau mungkin tidak pernah di pakai oleh para editor karna terlalu sulit menggunakannya dan hasilnya yg tidak memuaskan.
  3. Add anchor point tool = digunakan untuk menambah titik pen tool yang sudah dibuat pada garis pen tool.
    Lingkaran merah pada gambar diatas merupakan hasil titik pen tool yg telah ditambahkan. Cara penggunaannya: cukup arahkan pen tool ke garis pen tool maka secara otomatis pen tool akan berubah jika terkena garis pen tool, tak perlu lagi capek2 mengganti jenis pen tool di tempat toolnya. Dan jika pen tool sudah berubah, klik sekali pada garis pen tool yang diinginkan.
  4. Delete anchor point tool = di gunakan untuk menghilangkan atau mengurangi titik pen tool yang sudah di buat.
    Pada gambar di atas merupakan hasil dri mnghilangkan titik kedua pen tool dari kiri. Cara penggunaannya: sama dengan add anchor point tool, namun bukan di garis pentoolnya melainkan di titik pen tool yang diinginkan.
  5. Convert point tool = memiliki dua fungsi yaitu mengubah arah lekukan pen tool dan juga dapat menghilangkan maupun menambahkan arah pen tool yang telah dihilangkan.
    Lingkaran merah pada gambar di atas merupakan hasil dari mengubah arah pen tool. Cara penggunaannya: untuk mngubah arah pen tool cukup tekan alt tahan sambil menggeser titik arah pen tool tersebut. jika ingin menghilangkan arah pen tool tersebut tekan alt tahan+klik pada titik pentoolnya, bgitupun sebaliknya jika ingin mengadakan atau mengembalikan arah pen toolnya tekan alt tahan+geser titik pen toolnya. Convert point tool d gunakan saat bidang lengkungan bertemu dengan bidang lurus atau saat arah pentool bertentangan contohnya saat mnyeleksi rambut yg ujungnya runcing.
Pen tool jg terbagi mnjadi 2 mode yaitu path dan shape.


  1. Path = digunakan untuk menyeleksi suatu objek, dan path juga bisa diubah menjadi shape sedangkan shape tidak dapat di ubah mnjadi path.
    Gambar di atas menunjukkan bahwa path bisa membuat seleksi, mask, dan menjadi shape
  2. Shape = digunakan untuk membuat suatu objek, seperti membuat vexel/vector
Nah itulah fungsi2 dan cara menggunakan pen tool.Kalau ada yang kurang dipahami bisa ditanyakan dikolom komentar.
Oke, sampai di sini dulu semoga postingan ini bermanfaat, dan maaf jika ada kesalahan kata-kata atau menyinggung suatu pihak tertntu.
Kalian juga bisa memberikan kritik dn saran di kolom komntar supaya postingn2 sy selanjutnya bisa saya perbaiki.

Follow juga ig sya : zulramadhanh99 😆

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu 🙏

3 komentar:

Apasih Vektor dan Vexel itu? | UnaahaArt

Assalamualaikum... Saya ingin berbagi pengetahuan saya tentang "Apasih Vektor dan Vexel itu?". Pengetahuan yang saya dapatkan be...