Kamis, 17 Agustus 2017

Cara Mengubah Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna di Photoshop cs6 | UnaahaArt

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Di hari yg spesial ini sy ingin memberikan tutorial yg berhubungn dgn tema kemerdekaan Indonesia yg ke 72 ini, yaitu cara mengubah foto hitam putih menjadi berwarna. Jelas ada hubungannya krna foto yg saya olah ini adalah foto salah satu Tentara Indonesia kita yg berjuang menghadapi para penjajah.

Sebenarnya mengubah foto hitam putih mnjadi brwarna dpt di lakukan dgn banyak cara, contohnya kita bisa melihat tutorial2 yg ada d youtube, pasti ada yg berbeda caranya tapi dgn tujuan yg sama, karena smua foto itu tidak sepenuhnya sama, seperti pemilihan warna, bleding mode, dll. Jadi jgn hanya terpaku oleh tutorial ini.
Oke langsung saja, Cikidut 😉

Ini adalah bahan yg saya pakai, bisa di download di sini

Note: jika anda blum bisa mnggunakan pen tool, maka pke brush untk mewarnainya dgn menggosokkan pada bagian trtntu dgn pemilihan warna yg sesuai.

Pertma, buka fotonya di photoshop, lalu duplikat (ctrl+J), buat layer baru, lalu warnai pke brush atau pen tool shape, di sini sy mnggunakan pen tool shape.
Caranya aktifkan dulu pen toolnya kmudian ubah modenya mnjadi shape.


Pertma sy akan mewarnai kulitnya, usahakan hanya menyeleksi pada bagian kulit.
Jika sudah pilih kotak diatas dan ganti degn combine shapes, hal ini bertujuan agar mnyeleksi warna yg sama tdk mmbuat layer baru scara otomatis.
Lakukan seleksi d tangan juga. Jika sdh hasilnya akan seperti ini.

Kemudian buat layer baru dan lakukan hal yg sama diatas untuk bagian baju celana dan topinya. Sebelumnya tutup dulu mata layer kulitnya, agar mempermudah dlm mnyeleksi bajunya, usahakan jg hanya menyeleksi bajunya. Jika sdh hasilnya akan sperti ini.

Lakukan hal yg sma pada bagian kantung, rambut, senjata, dinding, dan jendelanya dgn layer yg berbeda2.
Jika sdh slesai semua, kita bisa mengganti warnanya pilih warna yg menurut anda pas. Saya mulai dri warna kulit, klik layer kulit, pilih fill yg ada d atas, klik color picker, lalu pilih warnanya, di sini sy mnggunakan kode warna e8a94f, klw kurang cocok anda bisa memilihnya sendiri.

Ubah bleding modenya dri normal ke color, dn turunkn opacity mnjadi 50%

Lakukan hal yg sma dgn layer yg lain. Brikut adalah urutan layer, kode warna, bleding mode, dan opacitynya:
Baju&topi = 969b44, color, 50%
Kulit = e8a94f, color, 50%
Mata = c7b6a5, color, 73%
Rambut = 22201d, color, 46%
Senjata = 413020, color, 54%
Kantung = 55471b, color, 100%
Jendela = 19160c, soft light, 62%
Dinding = bc9c47, soft light, 56%

Jika sdh, kemudian finishing yaitu menyeimbangkan warna dgn color balance.

Selesai.

Oke, sampai di sini dulu jika ada kesalahan kata mohon di maafkan, smoga tutorial ini bermanfaat,. Kritik dn saran jg d prlukan untuk mmperbaiki postingan2 sy selanjutnya

Follow jg ig saya: zulramadhanh99 😆

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu 🙏

2 komentar:

  1. Akan lebih baik klo di perlihatkan step by step proses penggunaan tool nya seperti yng di tulis tdi ky pen tool ato brushnya,prosesnya g mna,biar newbie ky saya paham hehehe,ini si ky buku lks setengah" :"v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh makasih masukannya 😀.. mngkin bsok sy tambahkan step2nya 🙏

      Hapus

Apasih Vektor dan Vexel itu? | UnaahaArt

Assalamualaikum... Saya ingin berbagi pengetahuan saya tentang "Apasih Vektor dan Vexel itu?". Pengetahuan yang saya dapatkan be...