Selasa, 15 Agustus 2017

Cara Membuat Typography Name 3D Bagi Pemula di Photoshop cs6 | UnaahaArt

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

Pada postingan pertama saya ini, saya akan membahas tentang cara membuat typography name 3D di photoshop cs6.
Di sini saya menggunakan photoshop cs 6 dan tak perlu panjang lebar lg krna saya tidak bisa merangkai kata-kata seperti bloggers yg lain, heheh
Langsung saja cikidut 😉

Cara membuat typography name 3D bagi pemula di photoshop cs6
Bahan tekstur papannya bisa di download disini
  1. Buka photoshop cs6, masukan gambar berstekstur papan tadi, lalu pilih salah satu gambar yg ingin di jadikan sebagai latar. Pilih horizontal type tool (T) lalu ketikkan nama yg ingin di buat. Di sini tergantung selerah bisa nama sendiri, nama pacar, nama sahabat, nama perusahaan dll. Saya beri contoh dgn mengetik "PHOTOSHOPER"
  2. Setelah itu masukkan gambar tekstur papan yg lain ke dalam lembar kerja yg sudah d buat tadi dgn cara pilih move tool (V) lalu geser atau drag gambar ke dalam lembar krja yg sudah di buat tadi. Setelah itu klik kanan pada kotak layer 1 (layer papan yang baru di masukkan) kemudian pilih create clipping mask. Atur papan tersebut hingga menutupi seluruh tulisan photoshoper tadi dgn cara tekan ctrl+T lalu tarik titik sudut bawah kanan atau atas kanan sambil menekan shift+alt. Jangan lupa menekan Enter jika sudah sesuai.
  3. Kemudian gabungkan kedua layer (layer1 dgn photoshoper) dengan cara klik ctrl+klik kotak nama layer1 dan layer photoshoper lalu tekan ctrl+E. Setelah kedua layer tersebut sudah tergabung kemudian tekan ctrl+J untuk menduplikat layer yg sudah tergabung tadi, lalu klik ctrl+kotak layer 1 copy sehingga layer duplikat terseleksi (ada garis putus-putus pada tulisan photoshoper) lalu pilih set foreground color dan pilih warna yg paling hitam. Lalu tekan alt+del, ctrl+D (untuk menghilangkan seleksi). Drag layer1 copy ke bawah layer1 (layer1 copy ini d buat untuk bayangan teks)
  4. Kemudian kita ke layer1, pilih add a layer style yg ada di bawah kotak layer (berbentuk tulisan fx). Pilih blending options dan akan muncul kotak layer style. Pilih bevel&emboss lalu atur style =inner bevel, depth=100%, direction=up, size=5px, soften=0px, angle=42° (aturan bisa sesuai selerah).
  5. kemudian kita ke layer copy 1 (layer bayangan), ubah blending modenya dari normal menjadi multiply, opacity=50%. Kemudian tekan ctrl+T, lalu tekan left (⬅) dan down (⬇) pada keyboard 5 kali atau bisa lebih krna ini hanya untuk bayangannya. Jangan lupa tekan Enter jika sudah menyerupai bayangan. Kemudian pilih filter-blur-gaussian blur isikan 1,5 pixels
  6. Kemudian masukkan lg tekstur papan yg lain seperti langkah ke 2. Drag ke bawah layer bayangan (diatas layer background). Lalu pilih create a new layer yg ada di bawah kotak layer. Klik ctrl+klik kotak layer1 sehingga terbentuk seleksi/garis putus-putus lalu pilih select-modify-expand masukkan 10pixels (sesuai selerah). Kemudian tekan alt+del, ctrl+D.
  7. Kemudian drag papan yg sudah di masukkan tadi keatas layer baru yg sudah di buat tadi. Lalu klik kanan pada kotak nama layer2 (layer papan yg baru) pilih create clipping mask
  8. Lalu ikuti langkah 3 sampai langkah ke 5 (aturan sesuai selerah)
  9. Sampai tahap ini sebenarnya sudah selesai. Tapi kita bisa memperindahnya lagi atau memberikan efek cahayanya. Buat layer baru di atas layer1 (sehingga layer baru ini menjadi layer paling atas) klik alt+del, kemudian pilih filter-render-lens flare. Letakkan titik cahayanya di sebelah atas kanan, brightness=100%. Kemudian ubah bleding modenya dari normal menjadi screen. Kalau terlalu terang bisa di kurangi opacitynya sesuai selerah lg.
Selesai. Kalau ada yg kurang di pahami bisa di tanyakan di kolom komentar
Oke, sampai di sini dulu semoga postingan ini bermanfaat, dan maaf jika ada kesalahan kata-kata atau menyinggung suatu pihak tertentu.
Kalian bisa memberikan kritik dan saran di kolom komentar supaya postingan2 saya selanjutnya bisa saya perbaiki.

Jangan lupa follow ig saya : zulramadhanh99 😆

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu 🙏

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apasih Vektor dan Vexel itu? | UnaahaArt

Assalamualaikum... Saya ingin berbagi pengetahuan saya tentang "Apasih Vektor dan Vexel itu?". Pengetahuan yang saya dapatkan be...